Jumat, 10 Mei 2013

JANGAN DITIRU!



Selama dua hari yang lalu (7-8 Mei 2013) ada acara Greenovation di UI. Acara ini diselenggarakan leh Kompas Kampus dan spnsor utamanya adalah Tupperware. Sebenarnya saya tidak yakin bagaimana acara ini bisa terselenggara di UI. Katanya, ada beberapa teman yang mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Kompas Kampus dan mereka masuk sepuluh besar. Setelah itu,  mereka membuat acara ini dengan dukungan utama dari Kompas dan Tupperware. Saya tidak terlalu yakin dan tidak mau memperjelas kepada mereka. Terlalu kepo. Hhaha.

Tulisan ini tidak akan membahas Greenovation, Kompas Kampus atau Tupperware, melainkan saya. Ya, saya lah yang akan saya bahas.

Kurang lebih 8 hari sebelum hari H, panitia utama, yaitu teman-teman ini meminta saya menjadi Penanggungjawab divisi Dekorasi. Awalnya sih saya menolak. Tetapi, akhirnya saya mengiyakan karena ingin menjajal (eaaaa!!) kemampuan saya di bidang kepanitiaan. Selain itu, saya juga ingin membangu kawan-kawan ini.

Kemudian mulai lah saya menyusun semua hal. Konsep, anggaran, anggota tim, dll. Secara teori semua sudah oke. Saya optimis ini akan lancar. Kemudian, hari Sabtu, tiga hari sebelum hari H, saya dan tim mulai mengerjakan dekorasi. Beberapa rencana awal berubah. Kami selesai setelah maghrib. Tiba di rumah, saya mulai mereka-reka. Ini bagaimana? Rasa pesimis bermunculan. Ini mungkin akan gagal. Hari senin, sehari sebelum hari H, kami lanjut ke eksekusi. Barang-barang yang sudah selesai dikerjakan, diangkat ke Perpustakaan Pusat, Universitas Indnesia. Kami memasang bendera-bendera kecil dari kain perca, memasang (sejenis) gapura, dll. 

Lewat tengah malam PO mengirim sms, minta tambahan-tambahan. Sebenarnya yang dia minta itu sudah ada di rencana awal, hanya saja karena blablabla (akan dijelaskan di bawah) akhirnya rencana tinggal rencana. Gue menjawab iya, besok akan ada. 

Keesokan harinya yaitu beberapa jam sebelum opening ceremony, semua saya lengkapi. Buat surat peminjaman tripod lukisan, pasang tanda-tanda menu acara, dll. Akhirnya sih, semua oke.. Tapi, prosesnya itu yang hampir membuat rambut saya terbakar. Bahkan jerawat-jerawat bermunculan. Di pojok alis sebelah kiri empa jerawat datang menyerang. Piuhh!!

Saya mengingat-ingat lagi. Selama kuliah saya tiga kali memegang jabatan krusial sebuah divisi, yaitu PJ Yel-yel mewakili FIB di acara olimpiade UI, PJ seminar di acara Kulturfest 2012 dan yang terakhir ini PJ dekorasi Greenovatioon 2013.

Pas hari H, semua terbilang lancar tapi tidak 100%. Penyebab utamanya, ya saya. Banyak banget kesalahan, ketidaksiapan, kesembronoan yang mengacaukan rencana. Saya juga bukan pemimpin tim yang baik. Saya takut mendelegasikan tugas pada anggota. Alasannya, saya tidak tega dan mungkin karena saya tidak percaya, padahal dalam sebuah tim kepercayaan satu sama lain sangat penting. Akibatnya banyak tugas yang saya paksakan untuk dikerjakan sendiri. Ketika sudah ada progres sekitar 25-35% saya menyerahkan ke anggota. Ini kesalahan fatal.

Selain itu, saya juga sering mengulur waktu. Membuat rencana yang mepet ke hari H, padahal banyak hal-hal tidak  terduga akan bermunculan. Ketika sadar, waktu sudah habis.

Masih ada beberapa lagi sih, tapi lupa. Ini juga nih, lupa. Penyebab masalah juga. Bayangin aja ya, Hari senin pagi,mungkin karena ga konsen. Tadinya gue nebeng Nantulang ke kampus. Di tengah jalan, gue minta berhenti karena ada yang ketinggalan, yang gue maksud adalah Handphone. Biasanya ga apa-apa kalo Hp ketinggalan tapi karena situasinya sangat genting, (acaranya besok meeennn!!!) jadi gue ga boleh ga bawa ponsel. Dari tempat berhennti gue naik ojek ke rumah. Begitu masuk rumah, gue rogoh kantong celana, dan Hp gue ada di dalam!!! Thanks loh. Agar bisa nyampe kampus tepat waktu, gue naik ojek lagi. Uanggggg!!!

Okeee.. sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar